RUTAN MEDAN USULKAN 1302 WARGA BINAAN UNTUK DAPAT REMISI KHUSUS HARI RAYA IDUL FITRI

RUTAN MEDAN USULKAN 1302 WARGA BINAAN UNTUK DAPAT REMISI KHUSUS HARI RAYA IDUL FITRI


Medan-Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut  mengusulkan 1302 narapidana atau warga binaan pemasyarakatan dari keseluruhan 3126 warga binaan untuk mendapatkan pengurangan masa tahanan (Remisi) di Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Kamis (04/04/24).

Kepala Rutan Kelas I Medan, Nimrot Sihotang, mengatakan usulan remisi bagi warga binaan tersebut telah disampaikan kepada Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut dan dilanjutkan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham RI di Jakarta.

"Usulan remisi telah kita kirim untuk dilakukan verifikasi, jika telah disetujui oleh Kanwil Kemenkumham Sumut dan Ditjen PAS maka kami tinggal menunggu Surat Keputusan remisi itu turun," kata Nimrot.

Kasie Pelayananan Tahanan, Ronny Steven Hutapea, nantinya akan melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan pembagian remisi idul fitri kepada seluruh warga binaan.

Pengusulan remisi di lakukan melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) oleh Seksi Pelayanan Tahanan yang terintegrasi langsung dengan sistem direktorat jenderal pemasyarakatan, sehingga dari 3126 hanya 1302 warga binaan saja yang telah memenuhi persyaratan dan sisanya masih berstatus tahanan dan yang lainnya belum memenuhi persyaratan administratif maupun substantif.

Selain itu, lanjut Ronny, proses pengusulan remisi ini tidak dipungut biaya sepeserpun dan ketetapan jumlah remisi yang diberikan sesuai dengan lama pidana yang sudah dijalani sehingga tidak bisa di manipulasi.

"Pemberian layanan Hak remisi bagi Warga Binaan yang telah memenuhi persyaratan ini sesuai dengan prosedur dan tidak di pungut biaya sepeserpun alias Gratis." tegas Ronny.(Syafii)


Posting Komentar

0 Komentar