Terkait Pilkades Ketua DPRD Labura dan Masyarakat Berjalan Kaki Datangi Kantor Bupati

Terkait Pilkades Ketua DPRD Labura dan Masyarakat Berjalan Kaki Datangi Kantor Bupati




Labura II gninewspost II 12 II 05 II 2022 II

Sangat jarang didapati seorang ketua DPRD berjalan kaki bersama dengan masyarakat menuju kantor Bupati untuk menyampaikan aspirasi nya kepada pemerintah daerah.  Namun pada kali ini hal itu telah dilakukan oleh Ketua DPRD Labura H. Indra Surya Bakti Simatupang, SH., MKn. Pada hari Kamis (12/5/2022) di Jalinsum Sumut tepatnya di Aek Kanopan.

Perjalanan tersebut dilakukan nya disebabkan atas permohonan masyarakat dari Desa Simangalam, Kecamatan Kualuh Selatan. yang datang ke kantor DPRD Labura untuk menyampaikan aspirasi mereka atas ke inginan mereka terkait  proses tahapan  Pilkades di Desa Simangalam yang menurut aturan secara umum di Labura  akan dilaksanakan pada 25 Mei 2022 mendatang.



Lebih terang nya bahwa  Pilkades Desa Simangalam sudah ditetapkan oleh panitia Pilkades sebanyak 5 orang  yang akan bertarung pada 25 Mei nantinya.

Nah, Menurut mereka pemerintah kabupaten Labura ada melakukan intervensi  terhadap panitia Pilkades. Pasalnya panitia pemilihan kepala desa sepenuhnya mempunyai kewenangan untuk menetapkan atau memutuskan para calon kepala desa yang telah mendaftarkan diri kepada panitia.

Namun keputusan yang telah ditetapkan oleh panitia tersebut  masih akan di proses oleh Pemkab Labura sebab pemerintah kabupaten Labura telah melaksanakan kegiatan Deklarasi Pilkades Secara Damai namun tidak mengikut sertakan Desa Simangalam. Selain itu menurut mereka dari 8 Balon Cades 5 yang lolos dan tiga orang lagi gugur karena tidak memenuhi administrasi. tapi kelihatannya Pemkab seperti berupaya akan menyertakan 3 orang tersebut untuk ikut pada Pilkades mendatang. Sementara itu 3 orang ini merupakan keluarga dekat Calon Kepala Desa yang  incamben. Ucap masa aksi.



"Menurut peserta aksi hal tersebut meskipun tidak berbenturan dengan UU dan Peraturan lainnya akan tetapi hal itu tidak mencerminkan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal". Ujar mereka.

Pada kesempatan itu seorang masyarakat dari peserta aksi M. Yunus, ST., MM. Pada media ini menyebutkan kami menginginkan agar Pemkab itu segera memutuskan hasil telaahan mereka terkait keputusan yang telah ditetapkan oleh panitia Pilkades Desa Simangalam. 

"Jangan pula dibuat mengambang persoalan ini sebab rakyat sudah lelah berulang kali melakukan aksi di kantor kepala desa terkait  proses terhapan Pilkades Desa Simangalam. Kalau memang Pilkades Desa Simangalam akan dilanjutkan yah segara di nyatakan dilanjut, jangan dibuat seperti ini. Dan karena kami rasa tidak jelas lah pemkab ini makanya kami datang ke kantor Bupati ini untuk meminta kejelasan terhadap pemkab atas persoalan tahapan Pilkades Desa kami'. Tutur Yunus.



Sementara itu sebelum berjalan ke kantor Bupati bersama dengan masyarakat peserta aksi H. Indra Simatupang, SH., M.Kn. Selaku Ketua DPRD Labura pada peserta aksi menyampaikan bahwa pihaknya akan mempelajari apa yang telah disampaikan DPR dan akan melakukan  rekomendasi ke Pemkab Labura  terkait hal tersebut.

Setelah mengatakan hal itu  ketua DPRD mempersilakan para peserta aksi masuk keruangan DPR sebab gedung DPRD itu adalah milik rakyat dan rakyat berhak masuk kedalamnya.

Sesampainya di ruang DPR para perwakilan masa aksi menyampaikan apa yang telah menjadi keluhan mereka. Setelah para peserta aksi menyampaikan apa-apa yang telah menjadi persoalan pada proses tahapan Pilkades di desanya. H. Indra Surya Bakti Simatupang pun menanggapi apa yang disampaikan kepada pihaknya dan akan melakukan rapat.

Usai itu para masa aksi pun beranjak keluar dari Gedung DPRD dan didepan kantor DPRD para masa aksi meminta ketua DPRD Labura agar menelpon Bupati Labura agar menerima kehadiran mereka di kantor Bupati labura.

Atas permintaan itu Indra menelepon Bupati Labura dihadapan para pendemo, kemudian setelah itu para peserta aksi meminta ketua DPRD Labura untuk berjalan bareng dengan mereka sama-sama mendatangi kantor bupati labura. Dengan senyum manis dan dengan langkah yang mantap ketua DPRD Labura pun berjalan kaki bersama peserta aksi menuju kantor Bupati labura.



Pantauan Wartawan sesampainya rombongan ketua DPRD Labura bersama dengan masyarakat pendemo yang dikawal oleh pihak aparat kepolisian Polres Labuhanbatu dan Satpol PP Labura disambut oleh Sekretaris Daerah  Labura H. Muhammad Suib, SPd., M.M.

Pada kesempatan itu Sekda Labura menyampaikan Salam hangat dari Bupati Labura dan Bupati Labura tidak dapat hadir disebabkan jauh sebelumnya telah membuat agenda acara Bung Desa di Desa Karang Anyar Kec. Aek Kuo.

Kemudian Suib menjelaskan kepada masa aksi, bahwa  pihaknya adalah panitia Pilkades  kabupaten dan terkait masalah tahapan proses tahapan Pilkades Desa Simangalam pihak Pemkab akan mengambil langkah dengan penuh ke hati-hatian sebab Pemkab tidak ingin ada aturan yang dilanggar.

" Kepada Bapak - bapak Ibu-ibu Saudara-saudara ku sekalian bahwa Persoalan Proses tahapan Pilkades Desa Simangalam.  kasi kami ruang waktu untuk mempelajari dan mengambil keputusan tentang hal itu. Setelah selesai kami akan menyampaikan secepatnya kepada bapak ibu sekalian". Katanya.

Setelah meminta waktu penjelasan dan tentang berapa lama  waktu yang akan diberikan atas persoalan itu. Para masa aksi pun beranjak meninggalkan area kantor bupati labura dengan tertib pada pukul 14:00 wib.

Diketahui pada pagi hari pada pukul 10:00 wib,  masa aksi ini telah terlebih dahulu mendatangi kantor bupati labura dan pada ketika itu massa aksi sempat memblok jalan menyebabkan jalan macet dalam beberapa saat. Selain itu untuk menghempaskan kekesalannya kerena kedatangan mereka tidak langsung disambut oleh Pemkab Labura peserta aksi sempat adu dorong dengan Satpol PP di depan pintu gerbang kantor bupati karena mencoba ingin masuk.

Ternyata para Satpol PP terlebih dahulu siaga untuk menghalangi masa dan akhirnya saling dorong itu pun teratasi sehingga tidak ada yang mengalami hal yang tidak diinginkan. Setelah itu para peserta aksi mendatangi kantor DPRD Labura dan kemudian kembali lagi ke kantor Bupati. Bersama dengan ketua DPRD Labura.dr

Posting Komentar

0 Komentar