Ketua DPR Labura Rela Menunda Acara Nya Demi Menyambut Warga Desa Simangalam

Ketua DPR Labura Rela Menunda Acara Nya Demi Menyambut Warga Desa Simangalam





Labura II gninewspost II 13 II 05 II 2022 II


Seperti yang telah dilansir media ini sebelumnya perihal persoalan proses tahapan Pilkades Desa Simangalam Kecamatan Kualuh Selatan Kab. Labuhanbatu Utara. Dalam proses nya telah banyak menuai konflik mulai dari kepanitiaan pilkades, perekrutan Balon Penetapan calon dan lainnya. Pada akhirnya putusan panitia pilkades desa simangalam itu telah disampaikan ke pemkab atau panitia kabupaten.

Oleh  disebabkan tahapan proses pilkades itu dirasa masayarakat desa simangalam  jalan ditempat sebab tidak ikut serta dalam pencabutan No Urut Calon kades dan tidak di ikutkan pada acara deklarasi pilkades damai di aula kantor dewi syukur komplek kantor bupati labura pada 11 Mei kemarin.  

Akibat dikarenakan beberapa point hal tersebut dan Untuk mendapatkan ke jelasan atau kepastian proses pilkades desa simangalam, ratusan warga simangalam  ini pun mendatangi kantor bupati labura pada hari kamis 12 Mei 2022 tepatnya  pukul 10:00 Wib. 

Para masa aksi melakukan  orasi di depan kantor bupati tersebut  dan meminta pemkab agar hadir ditengah-tengah mereka untuk menjelaskan proses tahapan pilkades desa simangalam. Sayangnya pada ketika itu pemkab labura sedang melaksanakan kegiatan Bung Desa di Desa Karang Anyar Kecamatan  Aek Kuo sehingga  pada saat itu tidak ada pejabat yang berkompeten untuk menyambut kedatangan  masyarakat peserta aksi. 

Setelah melakukan orasi dan menghempaskan kekesalannya pada pemkab pada ketika itu para peserta aksi  sempat adu dorong dengan petugas Satpol PP yang  dari semula telah siaga di depan gerbang kantor bupati labura. masa aksi ini juga  sempat memblok jalan lintas  beberapa saat namun sempat mengakibatkan jalan lintas sumut aek kanopan macet. Kendati demikian dengan negoisasi antara Kepolisian Satpol PP  dengan peserta kasi dan karena dirasa belum ada yang berkompeten  dari pejabat pemkab labura  untuk menyambut mereka. Para peserta aksi ini pun meninggalkan depan gerbang kantor bupati labura kemudian mendatangi kantor DPRD Labuhanbatu Utara untuk menyampaikan aspirasinya. 

Di kantor DPRD Labura ratusan masyarakat Desa Simangalam itu diterima langsung oleh Ketua DPRD Labura H. Indra Surya Bakti Simatupang, SH. MKn,. Setelah mendengar orasi penyampaian aspirasi masyarakat Desa Simangalam yang di sampaikan oleh Lasma Dolok  Saribu selaku Pimpinan Aksi pada kegiatan itu.  Pada intinya meminta DPRD agar bertindak atas persoalan  proses tahapan pilkades desa simangalam karena DPR tidak mau mendatangi mereka terkait persoalan tersebut makanya mereka yang dating ke kantor DPRD Labura. 

Menyahuti penyampaian masyarakat desa simangalam tersebut H. Indra Surya Bakti Simatupang mengatakan,  baik akan kami tindak lanjuti penyampaian bapak ibu. ‘’Saya telah menunda acara kami di luar demi untuk menyambut kedatangan bapak ibu. Kami akan membuat rekomendasi ke pemkab labura terkait hal ini. Dan ayo silakan masuk ke kantor ini karena  kantor ini milik rakyat ayo kita bahas di dalam agar lebih dingin  dan tenang tidak berpanasan disini dan kamipun dapat mencatat apa yang di sampaikan kepada kami ’’. Ucap Indra. 

Setelah itu Indra mempersilakan masuk ke dalam kantor DPRD  Labura semua peserta aksi masuk kedalam ruangan kantor DPRD kemudian  membahas dan menyampaikan ke DPR secara detail terkait persoalan proses tahapan pilkades Desa Simangalam. 

Nah, diketahui bahwa  panitia pilkades desa simangalam telah menetapkan 5 orang calon kepala desa simangalam dari 8 orang calon yang telah mendaftar atau menjadi balon pilkades pada waktu 25 mei mendatang. Adapun 5 orang tersebut ialah, 1.  Rusna Buaton 2. Tinar Marpaung 3. Arsinius Marpaung 4. Janlas Marpaung dan 4. Sarjoko.  

Menurut pernyataan  Suwarto salah seorang peserta aksi saat itu lima orang calon kades ini 3 diantaranya adalah keluarga dekat calon ingcamben. 
‘’Meskipun  hal itu tidak bertentangan dengan aturan perbup dan permendagri namun pemkab harus membaca ke arifan lokal dimana jika satu keluarga di bolehkan mencalon maka menurutnya hal itu sama saja menghalangi kesempatan bagi para putra putri desa simangalam terutama yang pendidikannya setingkat sekolah menengah pertama atau sederajat lainnya’’.  Ungkap Suwarto. 

Usai dari kantor DPRD Ratusan peserta aksi ini kembali mendatangi kantor bupati labura yang didampingi oleh Ketua DPRD Labura yang dikawal oleh pihak kepolisian dan Sat Pol PP Labura. Kedatangan mereka ini pun disambut oleh Bupati Labuhanbatu Utara yang di wakili Sekretaris Daerah Labuhanbatu Utara  H. Muhammad Suib, SPd. MM. yang sebelumnya sudah menanti kedatangan para peserta aksi. 

Hingga berita ini kemeja redaksi belum diketahui keputusan apa yang akan dibuat oleh pemkab atau panitia kabupaten perihal proses pilkades desa simangalam. Namun pada dikutip pada penyampaian di depan masa aksi Sekda Labura H. Muhammad Suib mengutarakan, “ bahwa pemkab dengan penuh kehati-hatian dalam menindak lanjuti persoalan pilkades desa simangalam’’.  Kata Sekda. Drw

Posting Komentar

0 Komentar